argoparahyanganbandung
Salah satu rute yang dilalui ketika naik kereta api dari Bandung ke Jakarta. [FOTO: Phinemo.com]

Kota Bandung yang kalem, salah satu kota yang cukup dekat dengan ibukota Jakarta yang riuh. Banyak warga Jakarta–yang sebenarnya bukanlah warga asli Jakarta–memilih tinggal di Kota Bandung.

Para warga Bandung tersebut melakukan perjalanan setiap hari pulang pergi Jakarta – Bandung untuk bekerja.

Ada juga yang memilih untuk tinggal di kost di Jakarta dan pulang ke Bandung pada akhir pekan. Hal ini bisa saya saksikan ketika beberapa kali Safariku melakukan perjalanan ke Bandung dari Jakarta atau sebaliknya.

Kebanyakan warga Bandung memilih transportasi umum dengan kereta api, guna menempuh perjalanan bolak-balik Bandung-Jakarta.

Khusus bagi Anda yang kini kebetulan hendak pulang dari Bandung ke Jakarta, sangat disarankan juga menggunakan transportasi kereta api.

Apalagi saat ini kereta api sudah memiliki pelayanan dan fasilitas yang sangat baik, kelas apapun yang Anda naiki.

Pun saat ini, untuk memesan tiket kereta api, Anda tidak harus selalu datang langsung ke stasiun. Cukup dengan memesan tiket secara online, Anda bisa menggunakan moda transportasi umum yang satu ini. 

Berangkat dari Stasiun Kota Bandung

Masyarakat umum lebih sering menyebut Stasiun Kota Bandung ini dengan sebutan Stasiun Hall.

Ada dua pintu masuk yang bisa Anda gunakan untuk memasuki stasiun ini, ada pintu Selatan di Jl Stasiun dan Pintu Utara di Jl Kebon Kawung. Anda bisa mengakses salah satu pintu masuk ini yang paling dekat dengan lokasi dimana Anda berada.

Bangunan stasiun ini langsung menjadi satu dengan terminal angkot di Kota Bandung. Karena itu, bangunannya sangat mudah dikenali.

Anda pun bisa melihat betapa indahnya arsitektur stasiun kota Bandung ini, sebab stasiun ini juga sudah berdiri sejak tahun 1884, di masa penjajahan Indonesia.

Hingga kini, bangunan tuanya masih dipertahankan, sehingga menarik perhatian wisatawan yang datang ke Kota Bandung.

Jika masuk ke stasiun ini dari arah Pintu Selatan, Anda bisa menemukan adanya tugu lokomotif tua yang sering kali menjadi spot berfoto, objek yang sangat menarik bagi para wisatawan yang datang ke kota berjuluk Paris van Java itu. 

Kedatangan di Stasiun Gambir

Jika pulang dari Bandung ke Jakarta menggunakan kereta api, Anda akan berangkat dari Stasiun Kota Bandung lalu sampai di Stasiun Gambir, Jakarta, yang berada di Jl Medan Merdeka Timur.

Stasiun Gambir sangat mudah diakses sebab berhadapan dengan Monumen Nasional. Anda yang baru bersafari ke Kota Jakarta melalui stasiun Gambir ini bisa langsung singgah ke kawasan Monumen Nasional.

Meski Stasiun Gambir sudah beroperasi selama 100 tahun lamanya, namun fasilitasnya telah diperbarui mengikuti perkembangan zaman, Anda bebas menikmati akses wifi gratis selama berada di sana, serta sudah ada fasilitas check-in otomatis yang bisa digunakan seperti tersedia di bandara.

Juga saat ini, Stasiun Gambir memiliki banyak sekali fasilitas untuk memanjakan pengunjung, mulai dari minimarket, café dan restoran.

Safariku paling berkesan saat naik kereta api dari Bandung ke Jakarta pada 26 November 2017. Jumat itu, pagi-pagi sekali, kami harus segera sampai di Stasiun Bandung.

Kabut masih selimuti kota yang dikagumi dengan sosok Kang Emil itu saat saya tiba di stasiun. Beberapa penumpang sedang antri di loket. Saya pun beli tiket Argo Parahyangan, rute Bandung – Jakarta.

Tiket eksekutif hanya Rp 80 ribu untuk jadwal keberangkatan pukul 06.30 dan tiba di Gambir pukul 09.45.

Baca juga:

Saya duduk di window seat, berharap dapat leluasa menikmati keindahan alam dari dalam Argo Parahyangan. Gerbong ini melaju cepat melewati panorama sawah bertingkat, perbukitan, jembatan, dan terowongan.

Jadwal Kereta Api Bandung – Jakarta

Jarak tempuh dari Kota Bandung menuju Jakarta menggunakan kereta api bisa mencapai waktu kurang lebih 3 hingga 3,5 jam saja.

Mengenai jadwal keberangkatannya, ada banyak sekali yang bisa dipilih sesuai dengan waktu Anda, mulai dari keberangkatan pada waktu dini hari sampai malam hari pun ada.

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 80.000 sampai sekitar Rp 100 ribuan rupiah, cukup murah dan tidak begitu memakan waktu bukan?

Sehingga jika Anda sesekali berangkat dari Bandung ke Kota Jakarta untuk bekerja maka tidak begitu masalah, namun jika Anda pulang pergi setiap hari, maka tentunya akan terasa lebih berat biayanya. Hehe. 

Perjalanan kereta api rute Bandung – Jakarta atau sebaliknya, Anda bisa memilih tiket kelas ekonomi hingga eksekutif.

Pada saat ini pun kelas ekonomi sudah memiliki fasilitas yang sangat baik dan nyaman untuk ditumpangi: bersih, aman, tidak ada sampah berserakan atau penumpang gelap yang ikut naik di dalam kereta tersebut. Hanya orang-orang yang memiliki tiket saja yang dibiarkan ikut naik dalam kereta api tersebut. 

Menaiki kereta api Jaman Now tidak lagi seribet jaman dulu. Kita tak perlu lagi khawatirkan hal-hal buruk yang biasanya dialami penumpang kereta api.

Terlebih saat ini sistem security sudah didukung dengan pengerahan pasukan Polsuska (Polisi Khusus Kereta Api) yang berpatroli di setiap gerbong.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here