Badai pasti berlalu. Sebelum dan setelah wabah Corona menimpa, Kota Wuhan di Provinsi Hubei, China, ini menyimpan sejumlah atraksi wisata menarik.

Kota Wuhan memiliki populasi 11 juta orang. Dikenal sebagai pusat industri dan komersial di kawasan tengah China. Ekonominya berkembang pesat, terutama dari industri otomotif yang setidaknya memiliki 80 perusahaan asal Perancis.

Di kota ini, terdapat pelabuhan dalam negeri terbesar China.

Ia menjadi gerbang menuju Bendungan Tiga Ngarai, yaitu bendungan raksasa hidroelektrik. Kota seluas sekitar 8.500 km lebih ini dihiasi bukit dan danau. Berikut 7 atraksi wisata Wuhan yang dirangkum Safariku dari berbagai sumber.   

1. East Lake

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by YoungSeok Song (@crispymen) on

Danau Timur (East Lake) merupakan danau kota terbesar di Tiongkok. Danau ini menaungi suaka unggas, kebun raya, museum, dan fasilitas rekreasi lainnya. Destinasi wisata Wuhan ini dikelilingi taman yang indah dengan keragaman tanaman bunga. Mulai dari teratai yang mendominasi, kemudian ada Cherry Blossom, Forest of the Birds, Mei Blossom.

Atraksi yang direkomendasikan: menelusuri sepanjang sisi danau, di bawah kanopi pepohonan yang berbunga sembari menikmati view yang menawan. Atau; naik kapal untuk menikmati keindahan dari tengah danau.

Waktu terbaik berkunjung kesini: musim semi, saat bunga-bunga di sekitarnya mulai bermekaran.

2. Yellow Crane Tower

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by YellowCraneTowerOfficial (@yellowcranetowerofficial) on

Menara Yellow Crane berdiri di atas Snake Mountain, Wuchang, dengan ketinggian sekitar 52 meter. Sejak pertama kali dibangun pada tahun 223 Masehi selama Periode Tiga Kerajaan (220-280), menara ini sudah menarik perhatian dunia. Namun menari yang saat ini berdiri di pinggir kota itu dibangun pada 1981.

Yang menarik dari atraksi wisata Wuhan di Wuchang ini, bentuknya tidak seperti menara kebanyakan yang menyempil di skyline kota-kota hits di dunia. Sekilas bangunan menara berwarna kuning ini seperti kuil, yang khas dengan karya seni artsitektur Tiongkok. Inilah atraksi yang sangat ekspresif di wisata Wuhan satu ini.

Atraksi yang direkomendasikan: naik ke menara untuk melihat pemandangan indah di sekitarnya

3. Jianghan Road

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Yuxi Wang (@stacyyears) on

Terletak di pusat distrik Hankou, Jianghan Road menawarkan atraksi Walking Street kepada pengunjung. Kawasan ini pernah menjadi konsesi Inggris dan telah menjadi distrik finansial yang terkenal selama lebih dari satu abad.

Menyusuri pedestrian sepanjang 1.200 m ini membuat Anda melihat bangunan bergaya Eropa. Patung-patung perunggu dari para tokoh legendaris di sepanjang jalan menambah nuansa nostalgia. Ada banyak toko modern di area ini yang juga menjadi salah satu destinasi belanja.

4. Museum Provinsi Hubei

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Miroslav Čechák (@mircech) on

Salah satu museum terbaik China ini berada di tepi Danau Timur. Museum ini memiliki koleksi lengkap tentang sejarah Hubei masa lalu. Ada tiga bagian utama dari museum ini, yaitu Aula Pameran Chime Bells, Aula Pameran Budaya Chu, dan Gedung Pameran Komprehensif. Jika beruntung, Anda bisa menikmati pertunjukan berpadu langka di museum ini.

Atraksi yang direkomendasikan: melihat barang-barang hasil galian tahun 1978 dari makam Marquis of Yi, tokoh terkemuka dari Periode Negara Berperang. Temukan juga sejumlah “harta karun” di museum ini seperti slip bambu yang digunakan pada Dinasti Qin, Pedang Goujian, dan vas bunga plum biru dan putih dari empat cinta di Yuan Dinasti.

5. Wuhan Happy Valley

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Екатерина Будяк (@katie_budiak) on

Atraksi wisata Wuhan selanjutnya yang tak boleh Anda lewatkan ialah Wuhan Happy Valley. Sejak dibuka pada 2012, tempat ini selalu diburu turis. Terletak di Distrik Hongshan, atraksi ini cocok untuk semua umur dan kalangan.

Atraksi yang direkomendasikan: mengunjungi ke-9 theme park Wuhan Happy Valley yang unik. Mulai dari Happy Ocean, Dream Avenue, Dessert Kingdom, Happy Time, Speed World, Bird’s Heaven, Yuguang Island, Typhoon Bay, dan Happy Wuhan.

6. Wuhan Botanical Garden

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by 🇹🇭 (@mx.iew) on

Wuhan Botanical Garden milik Chinese Academy of Sciences berada di sisi selatan Moshan Hill. Dekat dengan Donghu Moshan Scenic Area di Distrik Wuchang. Di sini terdapat 360 jenis tanaman yang dibagi dalam 13 jenis taman khusus, seperti Plum Garden, Rhododendron Garden, dan Cherry Blossom Garden yang paling terkenal.

Atraksi wisata Wuhan ini sangat tepat bagi Anda penyuka kebun, tanaman, dan perkebunan. Anda pun sangat disarankan untuk berkunjung pada musim semi, ketika ragam bunga bermekaran indah. Beruntung lagi jika datang saat festival musim semi.

7. Tanhualin Art Village

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by YU▲ (@lunatic_wu) on

Desa ini berlokasi di Tanhualin Street, sebuah permukiman kuno. Ada banyak bangunan era Republik di sekitarnya yang dipadu dengan galeri seni kontemporer. Pemerintah Kota Wuhan membangun Tanhualin Art Village untuk memeriahkan zona seni 798 Beijing dan distrik seni M50 Shanghai.

Ada banyak café, kedai suvenir, literatur, dan spot foto menarik di kawasan Tanhualin. Atraksi wisata Wuhan ini sangat cocok bagi traveler yang menyukai seni. Anda bahkan bisa menikmati kopi sambil bercengkerama dengan kucing.[]

By Caroline

Leave a Reply