Tebing Lhok Me. (kemudian dikenal dengan nama Tanjung Ujung Kelindu).
DI balik tebing, musik berdentam keras, meronta-ronta di langit Desa Lamreh, Kecamatan Masjid Raya, Aceh Besar. Sementara kami mandi di pantai kecil yang diapit dua tebing.
Satu sudut tersembunyi di barat Pantai Lhok Me itu milik kami sesaat. Ombak tenang. Namun angin kencang jelang sore Minggu itu mendorong kami ke hamparan pasir putih bersih.
My travelmate mandi di pantai kecil Ujung Kelindu.
Pantai Pasir Putih Lhok Me dari lokasi kami mandi.
Mirza dan Saryulis, dua teman perjalanan saya hari itu, bermain pasir. Saya dengan peralatan selam, mencari-cari ikan hias di antara batu karang. Saya mengayuh dengan sepatu katak hampir 50 meter dari pantai.
Ketika mengeleuarkan kepala dari air, saya bisa melihat manusia-manusia di kanan saya, bagai koloni semut. Pengunjung Pantai Lhok Me terlihat berpakaian beragam warna, menikmati pantai indah di utara Bukit Soeharto, dalam hentak musik disko yang mungkin diputar satu komunitas. Di kiri saya, beberapa lelaki tengah memancing di tebing yang jauh menjorok ke laut. Dan saya harus kembali ke pantai, tak ada ikan.
Snorkeling di kedangkalan, mana ada ikan.. Haha. FOTO: Mirza

Aha! Ikan-ikan itu justru bermain di bibir pantai tebing Lhok Me. Bersembunyi di balik batu-batu sebesar kepala kami. Saya melihat tiga jenis ikan seukuran jemari. Satu ikan berwarna ungu, sekelompok ikan berwarna kuning-hitam-grey, dan satu lagi yang lebih besar berwarna hitam-grey-putih. Saya tak tahu nama ketiganya.  

Mereka tak lari saat kami mengintip secara bergantian, dengan kacamata selam. Sayangnya, tak bisa memotret di bawah laut dengan iPadmini. Terpaksa deh dari permukaan. Hehe.
Nampak gak ikannya? Tu ada dua yang dalam garis segitiga. 😀
Langit kembali cerah usai diguyur hujan sesaat.
Saya yakin, pantai kecil di antara tebing-tebing Lhok Me ini akan jadi destinasi favorit dalam waktu dekat. Hari itu saja, 16 Juni 2014, beberapa pemuda mendatangai tempat ini begitu kami usai mandi. Namun mereka hanya foto-foto narsis di atas tebing.[Makmur Dimila]

17 COMMENTS

  1. Sekitar 300 m sebelum Pasir Putih, ada jalan berkerikil putih seperti bekas dilalui truk di kiri jalan. Harus mendaki beberapa bukit untuk mencapai kesini. Masuk dari Pasir Putih bisa juga. Tapi harus berjalan jauh ke barat pantai, dan dakilah bukit dari tebing pertama yang terlihat. 😀

  2. Bereh nyan Dofa. Abang siap temani kalian. Tentukan jadwal dari awal, hubungi kalo sudah siap. Hehe
    Abang juga bersedia memuat tulisan perjalanan kalian di blog ini, hoho.

  3. Di Aceh Besar. Kalo dari Pusat Kota Banda Aceh, sekitar 40 menit.
    Ikuti saja jalan raya melewati Pelabuhan Malahayati Krueng Raya menuju Pantai Pasir Putih Lhok Me.

    Sekitar 300 m sebelum Pasir Putih, ada jalan berkerikil putih seperti bekas dilalui truk di kiri jalan. Harus mendaki beberapa bukit untuk mencapai kesini.

    Tapi, kita juga bisa masuk dari Pasir Putih. Tapi harus berjalan jauh ke barat pantai, dan dakilah bukit dari tebing pertama yang terlihat. Sebaiknya pake jasa guide. 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here