Senja di Bukit Arab Saudi.
SUDAH dua minggu saya merindukan bersantai di Puncak Jackie Chan, menikmati keindahan malam Kota Banda Aceh dari bukit. Baru Sabtu kemaren, tanggal 20 Agustus 2014 jika kamu menyingkap kalender, keinginan itu tercapai. Tapi, saya justru dapat spot baru untuk menikmati sunset: Bukit Arab Saudi.
Puncak Jackie Chan di kompleks perumahan Kampung Persahabatan Indonesia โ€“ Tiongkok, memang menawarkan panorama yang indah. Selain spot wisata malam, ia juga posisi yang klik untuk memandang matahari tenggelam di ujung barat Indonesia.
Ikbal Fanika yang mengalihkan destinasi saya sore itu. Awalnya ingin pelisir ke Puncak Jackie Chan, tapi disarankannya spot baru saat kami sudah berada di lereng kompleks perumahan bantuan negara aktor kocak dunia itu.

Sunset dari lereng bukit menuju Puncak Jackie Chan.

Kami turun lagi. Dan memasuki sebuah lorong. Persisnya di sebelah kanan sebelum ketemu gerbang masuk kompleks yang lebih populer Kampung Jacki Chan ini. Saya tak mau katakan rutenya seperti apa, karena ribet sekali. Kami harus menelusuri jalan Desa Neuheun, di antara perkebunan warga dan perumahan.
Ikbal yang sudah pernah menjajalnya, hafal betul jalur menuju Bukit Arab Saudi. Hanya dua menit, kami sudah memasuki gerbang Kompleks Perumahan Nurani Neuheun Mandiri, bantuan Pemerintahan Arab Saudi. #makanya kami sebut Bukit Arab Saudi, setuju ya? ๐Ÿ˜€
Di timur kompleks, ada bukit yang akan kami tuju. Kami mendaki mengikut trek yang dilalui mobil pengangkut pasir. Berhenti di jalur yang tak mungkin lagi dilalui motor matik.

Cantikโ€, kata klise yang saya lontarkan saat berdiri di atas sebongkah batu gunung, melahap keindahan sunset, berikut senja di langit kota. 

Matahari sudah hilang. :'(
Kompleks Perumahan Nurani Neuheun diselimuti senja.
Pamer. ๐Ÿ˜€
Kenikmatan bertambah dengan susunan garis pegunungan dan laut Samudera Hindia, di bawahnya perkotaan, di bawahnya lagi hutan dan persawahan, pada baris terbawah saya menyaksikan jejeran rumah kompleks nan rapi. Azan magrib berlalu, kami kembali ke Puncak Jackie Chan, untuk menghabiskan โ€œMalmingโ€ alih-alih buat gathering. Weeek! ๐Ÿ˜›

Banda Aceh malam hari. Foto ini diambil saat kami kemari pada 8 November 2013.

FYI, kompleks perumahan bantuan Pemerintah Cina bekerjasama dengan Pemerintah Indonesia ini bisa ditempuh 20 menit berkendara ke arah timur, dari pusat Kota Banda Aceh. Puncak Jackie Chan, yang menjadi spot favorit, berada di Jalan Cendana Blok F. Tepatnya di lereng bukit yang ada Om Di Coffee. Ayo bersafari ke Aceh ๐Ÿ™‚ []

Writer : Makmur Dimila

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here