Gajah Sumatera Sahabat Kita

“…para ilmuwan menempatkan gajah setara dengan simpanse dan lumba-lumba sebagai hewan dengan pengetahuan tingkat tinggi.” (Discovery News/National Geographic)

Pada Sabtu, 29 November 2014, tim gajah terlatih menampilkan atraksi gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) di lapangan bola kaki Mane Tunong, Kec. Muara Batu, Aceh Utara. Delapan ekor Po Meurah menghibur warga Krueng Mane dan sekitarnya dengan menampilkan berbagai atraksi unik.

Muksalmina Blc, fotografer di Aceh Utara, merekam “persahabatan gajah dengan manusia”. Ia mengabadikan Po Meurah berhitung, melempar bola basket, lomba lari, dan atraksi yang paling ditunggu-tunggu oleh para pengunjung: bermain bola kaki. Berikut foto-fotonya yang dikirimkan ke Safariku:

Memasuki lapangan pertunjukan.

Memasuki lapangan pertunjukan.

Gajah-Berhitung

Show is begin. “Aku bisa berhitung lho..”

Gajah-Membidik

“Jangan berisik! Aku lagi fokus..”

Gajah-memasukkan-bola

“Masuk gak yea???”

Gajah-Langkahi-Mahout

Para mahout dilangkahi Poe Meurah. Mahout adalah orang yang mengemudikan gajah. Kata ‘mahout’ berasal dari bahasa Hindi, ‘mahaut dan mahavat’ (Wikipedia).

Gajah-Lindungi-Mahout

“Tenang, tenang… Aku tidak sedang mencelakakan mahoutku, tapi ini salah satu caraku melindungi mahout: menyembunyikannya di bawah perutku hingga tidak ada suatupun bisa mencelakainya.”

Gajah-Mencari-Kawan

“Ayoo.. siapa yang butuh tumpangan?”

Gajah-Menghibur

“Mari bergembira bersama. :D”

Gajah Santai

“Hadusss, Mahoutku, aku capeee 🙁 “

Gajah-Mandi

“Aaa.. Segerrr!”

Po-Meurah-main-bola

Momen yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat.

Menonton-Gajah

Pohon pun jadi ‘kursi’ yang nyaman untuk melihat gajah bertingkah.

Gajah-Sapa-Pengunjung

Sebelum pamit, Po Meurah menyapa pengunjung dari jarak dekat.

Atraksi gajah tidak sepatutnya dilihat sebagai eksploitasi. “Aku lihat banyak sekali pembelajaran dari bintang yang satu ini; dari segi kepatuhan barangkali, setia juga, terus instingnya luar biasa,” tutur Muksalmina Blc kepada Safariku.

Perilaku satwa dilindungi dalam foto-foto di atas menunjukkan ekspresi gajah sumatera yang memiliki pengetahuan tingkat tinggi. Sejarah Aceh pun mengabarkan kalau gajah menjadi sahabat manusia pada masa Sultan Iskandar Muda.

berjalanlah… dan ceritakan pengalamanmu 🙂