Berita Indonesia Indah di SINDOnews

Saya teringat perbincangan dengan Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kemenparekraf RI beberapa waktu lalu. “Media massa adalah ujung tombak dan partner strategis bagi pariwisata,” kata Tazbir.

Motto SINDONEWSSaat ini, ketika saya berselancar di dunia maya, ada banyak media nasional yang mendesain berita pariwisata dengan kreatif. Berita Indonesia dikemas sedemikian rupa. Di luar dugaan Anda mungkin, bahwa saya menyukai gaya penyampaian sindonews.com yang selektif dan sesuai kebutuhan pembaca.

Laman resminya menyebutkan, SINDOnews ialah situs berita online yang memiliki tagline “Sumber Informasi Terpercaya”. Resmi berdiri pada 4 Juli 2012 di bawah manajemen PT. Media Nusantara Informasi (Koran Sindo).

Dengan mengusung tagline itu, berita-berita pariwisata yang disajikan informatif, inspiratif, lengkap, dan selektif. Sindonews mengabarkannya dalam rubrik Lifestyle yang terbagi ke beberapa kategori seperti: travel, travelista, dan music. Saya urai dalam dua contoh.

  • Banyuwangi Beach Jazz

Tari Banyuwangi - cdnsindonewsnetBerita berjudul “Britama Banyuwangi Beach Jazz Festival: Angkat Budaya Pesisir yang Cerminkan Kejujuran Identitas” ini menjadi penting karena “mengangkat budaya pesisir yang yang mencerminkan kejujuran identitas, hal yang juga selaras dengan budaya Jazz, di mana unsur-unsur keterbukaan, kejujuran berekspresi dan keberagaman selalu menjadi gairah baru bagi para musisi,” tulis SINDOnews pada 8 Desember 2014.

Selain itu, pada berita lanjutan berjudul “Padukan Konsep Pariwisata dan Kerja Sama Usaha”,  Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menjelaskan, Banyuwangi Beach Jazz Festival yang berlangsung 6 Desember 2014 ini merupakan contoh konsep penyelenggaraan event pariwisata (tourism event) dengan skema kerja sama dunia usaha.

“Banyuwangi Beach Jazz Festival  memperlihatkan bagaimana budaya lokal dan musik jazz dapat digabungkan menjadi sebuah perhelatan acara, yang tidak hanya meningkatkan pariwisata Banyuwangi, tetapi juga memajukan usaha warga lokal,” ujar Anas.

Panggung seni digelar di bibir Pantai Boom, Banyuwangi. Pandangan penonton menghadap ke laut yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Bali dengan kapal nelayan hilir-mudik di belakang panggung. SINDOnews sejatinya telah mengabarkan Wonderful Indonesia.

  • Flores Destinasi Terbaik

Foto Berita FloresBerita Indonesia indah lainnya terdapat dalam berita yang sangat berbobot ini: “Flores Masuk Top 10 Regions Best in Travel 2015 di Lonely Planet”, dipublis 11 November 2014.

“Website pariwisata paling populer di dunia, Lonely Planet, baru-baru ini merilis destinasi terbaik untuk jelajahi pada 2015. Indonesia melalui pulau Flores di provinsi Nusa Tenggara Timur, terpilih di antara Top 10 Regions In Travel 2015, disandingkan dengan Macau, Rocky Mountain USA, Atacama PBB Chile, dan banyak lainnya.”

SINDOnews menyebutkan, Flores dinilai menjadi kawasan terbaik dunia, selain itu memiliki habitat hewan langka komodo raksasa, wilayah ini juga dikenal sebagai tempat menyelam yang indah dan dihiasi dengan menjulang gunung berapi dan hutan tropis yang rimbun. Pulau ini diakui sebagai menawarkan petualangan lengkap bagi wisatawan.

Kombinasi Berita SindonewsBerita SINDOnews ditampikan dengan desain web yang simpel, enak dibaca, dan enak dipandang. Sungguh, berita Indonesia telah mendongkrak industri pariwisata di negara kepulauan ini. Kita berharap semua media massa di negeri ini terus bergairah mempromosikan sisi positif Indonesia.[adv]

Writer : Makmur Dimila
Photo : sindonews.com
Source : sindonews.com