Air Terjun Tingkat Tujuh Beraroma Pala

Cicit burung terdengar jauh di atas bukit Desa Batee Itam, Tapaktuan, Aceh Selatan. Daerah seribu ombak ini menyimpan banyak cerita akan keindahan alamnya. Seperti wisata pantai, bisa disaksikan sepanjang perjalanan jika anda melintasi jalur Barat-Selatan Aceh menuju Sumatera Utara.

[hr style=”single”]

Garis pantai terpanjang dengan pasir putih adalah salah satu ciri khas daerah ini. Namun tak hanya wisata pantai,  tempat wisata air terjun juga ada. Menarik untuk berwisata ria akhir pekan dengan keluarga tercinta, salah satunya Air Terjun Tingkat Tujuh.

Hawa sejuk pengunungan begitu kentara terasa saat berada di Desa Batee Itam, sebuah desa dengan jarak 3 km dari ibu kota Kabupaten Aceh Selatan, Tapaktuan.

Untuk menuju ke pemandian ini sangat mudah. Di bibir jalan nasional Meulaboh-Medan terdapat sebuah lorong dengan pamflet penunjuk arah (sebelah kiri arah Banda Aceh). Untuk mencapai lokasi butuh waktu sepuluh menit jalan santai dari titik nol pendakian.

Jalan-ke-Air-Terjun-Tingkat-Tujuh

Jalan menuju Air Terjun Tingkat Tujuh.

Harum pala menyeruak sepanjang perjalanan ke sana. Tanaman idola para bangsa Eropa zaman dulu itu bisa anda saksikan sepanjang perjalanan. Jika berkenan, mintalah izin pada pemilik kebun untuk memetiknya.

titik-awal-air-terjun-tingkat-tujuh

Check point pertama di Air Terjun Tingkat Tujuh.

Berada di ketinggian 30 mdpl, anda juga disuguhkan dengan spot menarik. Garis cakrawala membelah indah langit dan Samudra Hindia, begitu juga rumah-rumah pemukiman penduduk bisa disaksikan di atas bukit.

Gemercik air menggelitik telinga, aliran sungai mengalir di celah-celah batu.

sensasi-air-terjun-tingkat-tujuh

Air pun berhenti sejenak 😀

tiga-sudut-di-tingkat-pertama

Tiga sudut di tingkat pertama.

kolam-air-terjun-tingkat-tujuh

Kolam di tingkat pertama. Ayo ramaikan 😀

Sensasi air dinginnya membuat anda tak tahan untuk menceburkan diri dan berlama-lama berendam di sini, di tingkat dua dari Air Terjun Tingkat Tujuh.

Ada bangunan yang terbuat dari kayu berdiri di sana, jika anda ingin melihat lanskap dari ketinggian dan berleha-leha sehabis mandi. Konstruksi kayu ini tidak dikelola untuk menjual makanan bagi pengunjungnya. Pemilik kebun sengaja membiarkan tempat ini kosong agar bisa dinikmati para pengunjung.

Jika anda berlibur dengan keluarga ada baiknya membawa perlengkapan makan, apalagi jika ingin bakar ikan, karena kayu bakar pun sangat mudah ditemui di lokasi.

Sesuai dengan namanya, Air Terjun Tingkat Tujuh terdiri dari tujuh tingkat.

Tingkat pertama, dua, tiga, empat sampai tujuh terpisah satu sama lain. Tingkat satu sampai empat terletak bersisian, sementara untuk tingkatan selanjutnya anda harus mendaki lagi dengan menelusuri aliran sungai.

air-terjun-tingkat-tujuh-phon

Kolam di tingkat pertama. 😀

air-terjun-tinkat-tujuh-kedua

Di tingkat dua.

Hari itu, saya hanya sampai tingkat dua. Di titik ini, kita bisa mandi di kolam. Spot inilah yang biasa dikunjungi wisatawan lokal. Butuh tenaga ekstra untuk mencapai lebih tinggi.

Air Terjun Tingkat Tujuh juga masuk dalam daftar 26 Destinasi Unggulan versi Majalah Aceh Tourism edisi 26 Desember 2014. Sebaiknya, air terjun ini salah satu pilihan jika ingin melancong ke Aceh Selatan.[]

Writer : Ikbal Fanika

Berjalanlah… dan ceritakan pengalamanmu 🙂